Pendamping PKH Ujung Tombak dalam Family Development Session (FDS)

Program Keluarga Harapan (PKH) dilahirkan Pemerintah Indonesia sejak tahun 2007. Sampai tahun 2013 kepesertaan PKH sudah mencapai 2,4 juta RumahTangga SangatMiskin (RTSM) . dan pada tahun 2014 ditargetkandapatmencapai 3,2 juta Keluarga Sangat Miskin. sedang Misi utama PKH adalah meningkatkan kualitas sumberdaya manusia terutama pada masyarakat sangat miskin dan memutus rantai kemiskian antar generasi.

Seiring dengan berjalannya waktu yaitu dari tahun 2007 sampai dengan 2014, pelaksanaan PKH terus disempurnakan. Salah satu upaya penyempurnaan tersebut yaitu melengkapi PKH dengan Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2 ) atau Family Development Session (FDS) .FDS merupakan proses belajar peserta PKH berupa pemberian dan pembahasan informasi praktis yang menitik beratkan pada pengasuhan anak dan pendidikan, kesehatan, ekonomi kesejahteraan keluarga serta perlindungan anak yang disampaikan melalui pertemuan kelompok bulanan. Kegiatan FDS ini merupakan upaya peningkatan anak peserta PKH dan sumberdaya rumah tangga yang tentu saja dengan memanfaatkan potensi diri serta potensi lingkungan yang bisa dimanfaatkan..

Untuk mendukung terwujudnya kualitas sumberdaya manusia terutama pada Keluarga Sangat Miskin (KSM) ini , Maka BBPPKS Yogyakarta menyelenggarakan diklat Family Developmen Session (FDS) selama 18 hari, yaitu mulai tanggal 6 sampai dengan 23 Oktober tahun 2014 . Diklat Family Developmen Session (FDS) angkatan I dan II ini , diikuti oleh para pendamping PKH yang telah mengikuti diklat Pendamping PKH tahun 2007 . Peserta diklat FDS angkatan I dan II ini berjumlah 66 peserta dan semuanya berasal dari Jawa Timur ( Bojonegoro, Madiun, Ponorogo)

Yang paling menarik dari Diklat FDS ini adalah proses pembelajarannya nantinya melibatkan secara aktif ibu-ibu dan anggota keluarga lainnya dari peserta PKH. FDS dilaksanakan dengan difasilitasi oleh Pendamping PKH, maka tidak mengherankan jika pelaksanaan diklat ini banyak praktek / role playnya dan Praktek Belajar Lapangan (PBL) diselenggarakan tiga kali selama diklat berlangsung . dan tempat PBLnya pun di wilayah Kabupaten Bantul , yang menjadi pertanyaan adalah mengapa PBLnya di laksanakan di Kab. Bantul ? hal ini dilakukan karena kab. Bantul telah menjadi Kab. KLA , dan menjadi salah satu dari 102 kabupaten/ kota yang mendapatkan kunjungan Tim Verifikasi Evaluasi KLA tahun 2013

KLA adalah kabupaten/kota yang mempunyai sistem pembangunan berbasis hak anak melalui pengintegrasian komitmen dan sumberdaya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan, program dan kegiatan untuk menjamin terpenuhinya hak anak (PERMEN No. 11 Tahun 2011)

Pelaksanaan PBL di Wilayah Kab. yang telah masuk menjadi KLA ini , besar harapan dari para peserta diklat ini bisa ber praktek dan ngangsu kawruh secara langsung sehingga para pendamping PKH ini bisa mendapatkan ilmu terapannya secara nyata sehingga akan lebih mantap dalam menjalankan perannya di kecamatan dampingannya.

Dan yang paling penting ,Jika Sepulang dari Diklat ini Para Pendamping PKH mempraktekan pada peserta PKH secara kontinu di setiap kegiatan/ pertemuan, dengan begitu maka perubahan perilaku akan berlangsung lebih cepat. Sehingga akan menghasilkan peningkatan kemampuan keluarga sangat miskin untuk beranjak kearah peningkatan kesejahteraan sosial yang lebih baik sehingga tentu saja dapat membawa perubahan dalam pada kehidupan ..

Dengan melihat begitu penting dan strategisnya diklat FDS dalam mewujudkan kesejahteraan bagi KSM , maka dalam hal ini, peran Pendamping disini menjadi ujung tombak dalam pelaksanaan FDS. Atau dengan kata lain Pendamping PKH menjadi factor penentu keberhasilan FDS , sehingga diharapkan nantinya benar-benar dapat berjalan sebagaimana yang direncanakan dan diharapkan serta mampu memberikan kontribusi nyata terhadap perubahan perilaku sehingga bisa membawa peningkatan kesejahteraan sosial bagi para KSM dampingannya . Semoga….

Pengirim : Dra. Sri Sugiyarti (Peksos Madya)

Sumber : BBPPKS Yogyakarta